by

Tradisi Mandi di Sunga Warnai Hari Raya Idul Adha di Karanganyar

Karanganyar – Meski perayaan hari raya Idul Adha umat Islam di Indonesia berbeda, misalnya organisasi keagamaan Muhammadiyah dengan agama lain. Namun penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya mempunyai beberapa tradisi yang unik.

Salah sutunya tradisi yang dilakukan masyarakat Colomadu Karanganyar, yakni setelah acara penyembelihan hewan kurban usai dilakukan, sebagian warga yang tergabung dalam panitia penyembelihan hewan kurban dusun Malangjiwan Colomadu Karanganyar berbondong bondong pergi kesungai untuk mencuci jerohan semua hewan kurban yang sudah selesai di kuliti.

Akan tetapi warga yang pergi kesungai tak hanya untuk mencuci membersihkan jerohan hewan kurban, warga pun mandi di sungai sambil membersihkan hewan kurban yang sudah di kuliti. Toriq (20) yang lebih akrab disapa Oix warga dusun Grobogan Mlangjiwan Colomadu ini mengaku mandi disungai saat idhul adha sudah menjadi tradisi turun temurun.

“Sudah menjadi turun temurun dan menjadi agenda mengasyikan di saat hari raya kurban mas” saat ditemui di sungai siang tadi (5/10/2014).

Hal itu juga dibenarkan Kadus Grobogan Parjito,S.Pd (45) dirinya yang saat itu berada di sunga bersama warganya memaparkan selain agenda taunan dan tradisi turun temurun, mandi sungai menjadi simbol kekompakan warga dusunnya.

“Supaya kompak mas, karena dengan tradisi turun temurun ini warga dapat bergotong royong dan saling bantu untuk menyembelih, menguliti, membersihkan jerohan hingga membagikan kepada warga dusun grobogan”

Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam. Hari Raya Idul Adha. Atau juga sering disebut raya haji atau raya Qurban. Kita tahu sendiri Lebaran Idul Adha di Indonesia masih kalah populer di banding Lebaran Idul Fitri. #Gilang Herlambang

Comment

News Feed