by

KPI Beri Teguran Tertulis atas Tayangan Tom and Jerry dan Little Krisna

Tom & Jery

 

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melakukan teguran tertulis kepada sejumlah stasiun televisi swasta mengenai tayangan yang memuat kekerasan. Program televisi yang mendapat teguran itu antara lain animasi Tom & Jerry dan Little Krisna.
Portal KPI menyebutkan surat teguran itu diterbitkan pada 18 September 2014. Tiga televisi yang diberikan teguran terkait siaran Tom & Jerry, yakni RCTI, Global TV dan ANTV.
Penyimpanya mereka adalah menayangkan secara adegan membenturkan wajah Tom berkali-kali ke besi. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan anak-anak dan remaja, penggolongan program siaran, serta larangan dan pembatasan adegan kekerasan, menurut KPI tentang adegan kucing dan tikus Tom & Jerry yang tayang di Global TV pada 5 September 2014.
ANTV juga ditegur karena tayangan Little Krisna yang diudarakan 5 September 2014. KPI menilai pelanggaran siaran yang memperlihatkan adegan Krishna menarik ekor kerbau dan memutar-mutar tubuhnya hingga jatuh ke tanah dari ketinggian.
KPI mengatakan stasiun-stasiun televisi ini melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012, khususnya Pasal 14 atau Pasal 21, serta Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 15 ayat (1) dan Pasal 37 ayat (1), (2), dan (4) huruf a. Berdasarkan pelanggaran di atas, KPI Pusat memutuskan menjatuhkan sanksi administrasi berupa teguran tertulis.

Comment

News Feed