by

HUT Karanganyar ke-97 Sekolah Se-Kab Karanganyar Gelar Upacara Serentak Memakai Pakaian Adat Jawa

IMG 2931

 

Karanganyar – Guna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-97 kabupaten Karanganyar setempat tanggal 18 November 2014 besuk, sekolah sekolah yangberada di wilayah Kab Karanganyar mengadakan peringatan dengan upacara. Berbeda dari upacara bendera yang digelar pada hari biasanya.

Jika pada hari biasanya para peserta upacara mengenakan pakaian seragam kerja, maka upacara yang digelar untuk memperingati HUT ke-97 Kabupaten Karanganyar itu semua guru diwajibkan untuk mengenakan busana khas jawa. Peserta pria memakai beskap lengkap peserta upacara perempuan mengenakan kebaya sedangkan siswa-siswi pelajar memakai pakaian batik khas sekolahnya.

Hal tersebut disampaikan wakil kepala sekolah salah satu SD Negeri di Colomadu, Suparlan, S.Pd Upacara bendera yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Selasa (18/11/2014) pagi.

“Peserta upacara Guru wajib memakai pakaian adat Jawa kemudian Siswa-siswi memakai batik khas SD”

Pemakaian busana tradisional Jawa tersebut bertujuan nguri-uri atau memelihara budaya Jawa. Imbuh Suparlan disela-sela jam istirahat sekolah.

Terpisah, Zuni Miharwati, S.Pd salah satu guru SMU di Colomadu mengutarakan hal yang sama. Guru-guru di sekolahnya wajib memakai pakaian adat jawa.

“Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Guru maupun Guru Honorer di lingkungan sekolah di Karanganyar harus memberikan contoh terhadap siswa-siswinya untuk selalu memelihara kebudayaan Jawa”, ujar Zuni usai jam mengajar.#Gilang

Comment

News Feed