by

Media Cetak Akan Tersisih?

Media Cetak Akan Tersisih

Keberadaan media cetak, entah cepat atau lambat, sepertinya akan tersisih dari hati pembacanya. Indikator tersebut dapat dilihat dari tingginya animo pembelian gadget disejumlah counter HP di Pacitan. Mayoritas, para user berasal dari warga yang bermukim dipelosok desa. Mereka sengaja membeli ponsel-ponsel multi media service yang compatible dengan koneksi data internet. Ini sebagai gejala, angka melek internet memang mulai bergeliat. Hampir disemua wilayah, sepanjang masih dalam cakupan layanan data dari masing-masing operator seluler, keinginan user untuk mengakses dunia maya memang sudah cukup tinggi.

Menyikapi persoalan tersebut, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pacitan, Widi Sumardji, mengatakan, setiap kemajuan teknologi, pasti akan diikuti dampak-dampak tersendiri. Bukan hanya nilai tawar warga/pembaca terhadap keberadaan media cetak. Namun aspek sosial lainnya juga akan kena imbas dengan kemajuan dunia digital seperti sekarang ini. Meski begitu, Widi mengatakan, tidak serta merta media cetak yang selama ini sudah hadir ditengah pembaca, lantas begitu saja “lenyap” dari peredaran. “Semua ada segmennya tersendiri. Media cetak juga punya segmen baca lebih luas, bahkan hampir disemua strata sosial. Begitupun media online, meski sementara waktu masih menyasar dilevel menegah atas,” terang Widi, memberikan pendapat, Selasa (23/12).

Namun, lanjut dia, tidak menutup kemungkinan keberadaan media cetak juga bisa terancam. Sepanjang, isu-isu berita yang disuguhkan, kurang memberikan daya tarik bagi pembacanya. Sementara, tidak dia tampik, kalau belakangan, isu-isu berita dimedia online memang lebih “menggigit” dan terus update. “Semua bergantung masing-masing perusahaan media, untuk lebih bisa bersaing. Isu-isu berita mungkin bisa dirubah, namun masih dalam kaidah kode etik jurnalistik,” pesan mantan Ka.Satpol.PP tersebut, kemarin.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol, Setkab Pacitan, Andi T. Faliandra, belum bersedia memberikan pernyataan. Dia tidak menjawab pertanyaan wartawan, ketika ditanya terkait persoalan tersebut. (yun).

Comment

News Feed