by

Animo Kedatangan Penumpang dari Jakarta Meningkat

Aneka Jaya

Pacitan – Seiring momentum Hari Natal dan libur tahun baru, animo kedatangan penumpang di Teriminal Type A, Kabupaten Pacitan, mengalami kenaikan. Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) setempat, mencatat, sejak sehari menjelang Natal hingga hari terakhir cuti bersama, Minggu (28/12) kemarin, animo kedatangan penumpang diterminal bus terus bertambah. “Kenaikannya sekitar 2,5 persen lebih dibanding hari-hari biasanya,” ujar Agus Winarno, Kasie Angkutan Orang dan Barang, Bidang Management Lalu-Lintas dan Angkutan, Dishubkominfo Pacitan, kemarin.

Agus mengatakan, animo kedatangan penumpang, memang lebih didominasi bus antar kota antar provinsi (AKAP), khususnya dari Jakarta. Meski kedatangan penumpang yang menggunakan bus antar kota dalam provinsi (AKDP) juga tak kalah banyaknya. “Kalau bus AKDP, rata-rata dari Surabaya. Jumlah kedatangan penumpang juga sangat tinggi dibanding hari-hari biasa,” tuturnya pada wartawan.

Lebih lanjut, Agus mengatakan, pada hari biasa, kedatangan ataupun keberangkatan bus AKDP diterminal bus Pacitan, tak lebih dari 3 armada setiap harinya. Sementara untuk bus AKAP, sebanyak 12 armada. Namun pada momentum Natal dan tahun baru, yang diperkirakan hingga tanggal 2 Januari 2015 nanti, jumlah kedatangan maupun keberangkatan bus AKAP di terminal yang pernah diresmikan oleh Dirjend Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Soeroyo Alimoeso, beberapa waktu lalu itu, bertambah menjadi 21 armada, dan 5 armada untuk bus AKDP. “Paling banyak memang untuk bus AKAP,” tutupnya. (yun).

Comment

News Feed