by

Gunungan Kembar Dipeerebutkan di Masjid Agung Solo Untuk Mendapatkan Berkah

Gunungan Sekaten Solo

Surakarta – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW masyarakat merayakan acara Sekaten di Masjid keraton Agung Surakarta. Acara Sekaten itu digelar setiap 1 tahun sekali. Banyak masyarakat Surakarta dan dari luar kota yang berdatangan untuk menyaksikan memeriahkan acara sekaten tersebut. Acara ini dimulai sejak pukul 09.00 – 11.30 WIB. Banyak pedagang yang menjajakan dagangannya di halaman keraton Surakarta antara lain makanan, minuman, pakaian, cinderamata dan lain sebagainya. Acara ini biasanya disebut oleh masyarakat sekitar dengan nama gunungan.
Tri Widiyanto yang merupakan salah satu pengunjung mengatakan acara tersebut diadakan setiap 1 tahun sekali dan menjadi antusias warga Solo dan sekitarnya. Para warga ikut berebut gunugan tersebut untuk mendapatkan gunungan kembar, menurut mitos orang Jawa acara ini dapat memberi rezeki yang lancar. “Ini acara setahun sekali gunungan sangat bagus antisipasi dari warga Solo dan dari kota-kota lain itu sangat antusiasi untuk datang kesini untuk menyaksikan acara gunungan ini. Widiyanto berhasil mendapatkan bambu, lombok dan kacang panjang. Widiyanto yang berangkat dari rumah jam setengah sembilan (08:30) langsung menuju lokasi gunungan. Walaupun berpanas-panas yang penting kita ngikutin iring-iringan gunungan dan untuk meraih gunungan kembar ini katanya. Kata orang Jawa aja semoga dapat rejeki yang lancar. Harapannya semoga tahun-tahun kedepannya diadakan terus, trus kalau bisa gunungannya sampai dijalan-jalan sini jangan cuma didalam masjid biar semua warga dapat apa yang diinginkan atau apa yang direbutkan dari gunungan tersebut.” ujar bapak Tri Widiyanto.
Harapannya untuk tahun depan, acara ini diadakan terus serta gunungan yang di pakai disebar sampai ke jalanan dan tidak hanya di masjid saja. #Septian dan Yulia

Comment

News Feed