by

Kampung Jawa akan dibangun di Sroyo, Jaten, Karanganyar

Kampung Jawa akan dibangun di Sroyo, Jaten, Karanganyar

Karanganyar – Bertempat di dukuh Ngelom, Sroyo, Jaten, Bupati Karanganyar Drs. H. Juliatmono, M.M melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kampung Jawa. Pembangunan ini dipelopori oleh Yayasan Kebudayaan Jawa Parikesit. Dalam acara peletakan batu pertama tersebut selain Bupati Karanganyar juga dihadiri oleh para Asisten Setda, Kepala Dinas terkait, Camat Jaten, Pemerintahan Desa Sroyo, para anggota Yayasan parikesit, dan segenap warga sekitar.

Pengageng Yayasan Parikesit, Kanjeng Raden Aryo Tumenggung (KRAT) Purwadi Hadi Nagoro dalam sambutannya dengan bahasa Jawa campur bahasa Indonesia di hadapan tamu undangan mengatakan bahwa Kampung Jawa nantinya digunakan untuk nguri – nguri kabudayan Jawi, selain itu juga digunakan untuk pelatihan Pambiworo, Hamicoro, Sinden, Karawitan dan lain – lain.

“Kampung Jawa ini nanti tidak hanya digunakan untuk belajar para siswa SD, SMP, SMA, melainkan para sarjana S1, S2, maupun Doktor”, tambahnya.

Dalam sambutan tersebut ia juga menyampakan kekurangan dana dalam pembangunan Kampung Jawa, diharapkan Bupati Karanganyar dan segenap jajarannya bersedia membantu dan mengawal jalannya pembangunan Kampung Jawa.

Bupati Karanganyar dalam arahannya menyampaikan apresiasi terhadap Yayasan Parikesit karena telah berinisiasi menciptakan sebuah tempat di mana para warga Karanganyar bisa memperdalam kebudayaan Jawa. Tetapi Bupati Karanganyar Juliatmono juga menyampaikan kritiknya terhadap Kampung Jawa.

“Yang namanya Kampung Jawa harusnya bentuk rumahnya adalah Joglo, terbuat dari kayu, tapi ini bentuk rumahnya kok tembok dan bertingkat”, tambahnya disertai tawa para tamu undangan.

Saat wawancara bersama Crew LPPL SWIBA Fm ia mengatakan bahwa harapannya ke depan masyarakat Karanganyar bisa menggunakan Kampung Jawa tersebut dengan sebaik – baiknya. Disinggung mengenai upaya Pemkab dalam nguri – nguri Budaya Jawa ia mengatakan bahwa Pemkab Karanganyar telah mencanangkan Jum’at berbahasa Jawa. #OW

Comment

News Feed