by

Penataan Relokasi Pedagang Pasar Klewer di Vastenburg, Terkesan Rapi

Graphic1

Solo – Pemerintah Kota Surakarta menetapkan Benteng Vastenburg Solo sebagai lokasi pembangunan pasar darurat untuk para pedagang Pasar Klewer yang terbakar habis Sabtu tahun lalu (27/12) malam. Pedagang Kaki Lima (PKL) yang pernah berjualan di pasar klewer sekarang berpindah di halaman benteng vastenburg sekitar 2bulan yang lalu untuk sementara mengikuti arahan dari Pemkot Surakarta.
Seperti kita ketahui kondisi Pasar Klewer yang habis terbakar tidak layak untuk dipakai lagi untuk berjualan. Selain pertimbangan mengenai segi keamanan, kawasan halaman Benteng Vastenburg dinilai paling dekat dengan pasar klewer cukup untuk menampung ribuan pedagang. Dari lahan 3.100 meter yang ada Pemkot hanya menyiapkan 2.000 meter saja.

Sebanyak kurang lebih 700an pedagang yang meliputi pedagang kuliner, makanan, oleh-oleh, souvenir ataupun kain batik yang menempati lokasi ini. Sedangkan yang berjualan di dalam pasar klewer(Kios) sebagian pindah di pagelaran. Hampir semua PKL pasar icon kota solo tersebut pindah di situ.

Sebelumnya sempat di rencanakan juga para pedagang untuk di relokasi ke Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan, namun yang paling layak adalah Beteng Vastenburg. Penataan tempat pun terlihat rapi sehingga pengunjung dapat dengan mudah melewati apa melihat dagangan yang ada di sekitar halaman benteng vastenburg.

Salah satu pedagang ,Sudarni (50) mengatakan dirinya senang dengan kebijakan Pemkot Surakarta yang membuat nya bisa punya tempat untuk berjualan lagi di Vastenburg.

“kasihan juga kalau menganggur berbulan – bulan makannya dari mana alhamdullilah ini ada tanah kosong dari pemerintah disuruh pindah di sini” ujar Sudarni (16/3/15).

Meski pengunjung dan pembeli yang datang lebih jauh ramai waktu di pasar Klewer tetapi Sudarni tetap bersyukur dengan adanya pasar sementara ini imbuh Sudarmi.

Ditanya tentang harapan untuk kedepannya Sudarni menambahkan” Semoga lebih lancar disini , tambah ramai , biar bisa mencukupi kebutuhan juga”.
#Rina Dita

Comment

News Feed