by

Bangun hotel internasional di Sabang, Paloh ajak investor asing

Surya Paloh

Agenda kota – Surya Paloh beserta pengusaha dari China dan Spanyol akan berinvestasi pembangunan hotel standar internasional di Sabang, Aceh. Investasi ini tindak lanjut dari kunjungan Presiden Jokowi pada acara peluncuran logo HUT RI ke 70 tahun.

Pada saat itu Jokowi berjanji akan mengembalikan kejayaan pulau Weh, Sabang ini seperti pada era 1970-an. Pada saat itu Sabang sebagai salah satu kawasan pelabuhan bebas berstandar Internasional.

Ketua Partai Nasdem, Surya Paloh yang juga pengusaha di Indonesia mengaku mendatangkan investor bidang perhotelan ke Sabang atas perintah langsung Presiden Jokowi. Presiden memintanya untuk membantu melakukan pembangunan di Sabang dan membawa investor sebanyak-banyaknya ke Sabang.

“Saya bawa investor ke Sabang, kawan-kawan investor agar dapat melihat langsung apa yang bisa dilakukan dan apa yang ada di Sabang,” kata Surya Paloh, Selasa (17/3) di Banda Aceh.

Setelah potensi perhotelan di Sabang, kata dia, jasa perhotelan menjadi salah satu pilihan untuk investasi. Menurutnya, Sabang sebagai kawasan pelabuhan bebas Internasional harus memiliki eksklusif zone teritorial yang memiliki fasilitas layak.

“Interkontinental Sabang ada di situ. Maka saya harap dari 5 MoU yang dilakukan ini, satu di antaranya harus ada yang terisi. Sabang sebenarnya perlu promosi tersendiri sebagai daerah eksklusif zone,” ujarnya.

Oleh karena itu, Surya Paloh meminta kepada Gubernur Aceh dan Wali Kota Sabang untuk segera menyediakan lahan tempat pembangunan hotel standar Internasional ini. Saat ini, Pemerintah Kota Sabang telah memiliki lahan seluas 2,8 hektar.

“Ini perlu dilakukan perluasan lahan sampai 5 hektar, ini penting agar arsitek bisa segera menggambar dan tahun ini akan dilakukan peletakan batu pertama dan 24 bulan kemudian hotel selesai,” pintanya.

Surya Paloh juga mengaku sudah mendapatkan masukan dari Pemerintah Kota Sabang terkait dengan kendalanya. Dia juga pun sudah meminta pemerintah setempat untuk mengindentifikasi kebutuhan dan permasalahan lainnya yang dihadapi pemerintah.

“Saya akan terus mendorong investasi di Sabang, apa lagi regulasi sudah ada, tinggal kita bawa sebanyak-banyaknya investor ke Sabang,” tutupnya. Source: merdeka.com

Comment

News Feed