by

Pemerintah Surakarta Mengadakan Acara Kirab Hanguri – Uri Budaya Ponten Mangkunegoro VII Pada Saat HUT RI ke-70

K
Surakarta – (17/08) Kirab merupakan perjalanan bersama – sama atau beriring – iring secara teratur dan berurutan dari muka belakang dalam suatu rangkaian upacara (Adat, Keagamaan, dsb). Dalam merayakan HUT RI yang ke – 70, Pemerintah Surakarta mengadakan acara Kirab Hanguri – Uri Budaya Ponten Mangkunegoro VII, yang dipusatkan di Ponten tetapi dimulai dari halaman Kelurahan Kestalan, perjalanan tersebut diawali dari Jl. Estaman sampai Proliman menuju Ponten yang diberangkatkan oleh Walikota Surakarta Drs. Boedi Soeharto.

Bapak Umar Wiyandri selaku ketua panitia memaparkan bahwa acara Hanguri – Uri Budaya Ponten Mangkunegoro VII di laksanakan pada pukul 14.30 WIB dilanjutkan sampai malam hari dan pada malam tersebut juga di adakan Pentas Seni, Pameran foto dan Kuliner yang di lanjutkan sampai besok malam dalam acara Musik Keroncong. Kegiatan Kirab tersebut diikuti oleh semua kekuatan yang ada di kelurahan Kestalan, juga beberapa kelompok diantaranya kelompok Wanita Tani, kelompok Wanita Belajar Mayang, Paroki Mahasiswa Kestalan, Paguyuban Hotel Kestalan, KTI Kestalan, Nakamura, serta diikuti oleh beberapa sekolah yaitu dari SD sampai tingkat SMA/SMK.Tujuan dari acara tersebut untuk menarik minat masyarakat dan mengetahui bahwa Ponten tersebut merupakan peninggalan Mangkunegoro VII yang sekarang sudah diperbaiki.

Harapan kedepannya agar acara kirab semakin berkembang setiap tahunnya dan meningkatkan minat masyarakat terhadap adat Hanguri – Uri Budaya Ponten Mangkunegoro VII.

#Anggun dan Vinna

Comment

News Feed