by

Event International Ancient Mask Summit (IAMS) Bertempat Di Pendopo Prangwedanan, Mangkunegara

AqDZkkQH2MKyhIhZJH_NSn2_QelzLW-q5XTkoSWp730X

Solo – Jumat (04/09) bertempat di Pendopo Prangwedanan, Mangkunegara diadakan event International Ancient Mask Summit (IAMS). Ancient Mask Summit (IAMS) adalah event budaya berskala internasional yang diselenggarakan oleh International Ancient Mask Center, Akademi Seni Ma ngkunegara (ASGA), dan Solo Art Base, Sindon, Boyolali. Sementara, Indonesia International Mask Festival (IIMF) adalah Festival topeng berskala internasional yang merupakan rangkaiyan dari IAMS. Pergelaran ini mencoba memaknai seni pertunjukan topeng bukan hanya sebagai subjek kesenian, tapi juga sebagai koleksi semangat kebersamaan dalam keanekaragaman budaya di indonesia dan dunia.

Acara ini dihadiri oleh Mr. Hideta Itazawa dari jepang, Sujiman dari Jogjakarta, dan Narimo dari Solo, Dinas pariwisata dan (Akademi Seni Mangkunegara) ASGA.

AtcUi8o99hvbkV5Mhbz4BYkzVVU7oHDhR-lEEpBGSLN0

Tujuan penyelenggaraan IIMF dan IAMS 2015 adalah untuk menciptakan semangat mencintai dan selanjutnya melestarikan serta mengembangkan topeng sebagai bagian dari warisan kebudayaan intangible. Selain itu event IIMF juga bertujuan untuk mempromosikan solo sebagai kota buaya dan pariwisata di forum internasional.

IIMF dan IAMS 2015 ini diharapkan menjadi event berskala internasional yang menggelar kekayaan topeng Indonesia pada publik domestik maupun mancanegara. Ditambah lagi, pertunjuan tari topeng Indonesia dan mancanegara di IIMF dan IAMS akan menambah pemahaman publik tentang keanekaragaman topeng yang ada di dunia. Maka dari itu, akan tercipta semangat kesatuan dan keanekaragaman pertunjukan topeng dari indonesia dan luar negeri.

# Oktavia dan Rina

Comment

News Feed