by

Pengerajin Topeng Asal Jepang (Mr. Hideta Itazawa) Datang Dan Berbagi Ilmu Pada Acara International Ancient Mask Summit (IAMS)

1Solo – 4 September 2015 tepatnya pukul 10:00 – 11:00 WIB di Pendopo Prangwedanan Mangkunegara, diadakan International Ancient Mask Summit (IAMS) yang di hadiri oleh Dinas Pariwisata (Bapak Arief Yahya), Ketua penyelengaraan International Ancient Mask Summit (IAMS) dan Indonesian International Mask Festival (IIMF) (Ibu Irawati Kusumarasi),Pengerajin topeng dari Jepang (Mr. Hideta Itazawa), Pengerajin topeng dari Jogjakarta (Sujiman), Pengerajin topeng dari Solo (Narimo), SMPN 10 Surakarta Dll.

Acara ini di selenggarakan oleh Akademi Seni Mangkunegaran Surakarta yang bekerja sama dengan SIPA Comunity, Indonesian Anciant Mask Center dan di dukung oleh kementrian Pariwisata, pemerintah kota Solo, dan pemerintah kabupaten Boyolali.

Dalam festival Topeng pagi tadi Diawali dengan memberikan kata sambutan dari Direktur ASGA, Ibu Irawati Kusumarasi. dan di lanjutkan dengan Peresmian dibuka dengan pemotongan pita Peresmian oleh Ketua penyelengaraan International Ancient Mask Summit (IAMS) dan Indonesian International Mask Festival (IIMF), Ibu Irawati Kusumarasi.

International Ancient Mask Summit (IAMS) ini baru pertama kalinya di laksanakan sedangkan Indonesian International Mask Festival (IIMF) sudah dua kali di laksanakan.

Ibu Irawati Kusumarasi (45) Ketua penyelenggaraan International Ancient Mask Summit (IAMS) dan Indonesian International Mask Festival (IIMF) memaparkan “Harapan kedepannya agar acara ini menjadi ajang pertemuan pembuat topeng dunia terutama pembuat topeng kuno/antik dan bertemu di sini saling berbagi skill dan wawasan dan silaturahmi dialog budaya yang luar biasa.” jelasnya saat di temui akhir acara (04/09/15).

Dalam acara pagi tadi Pengerajin topeng dari Tokyo juga menunjukkan cara membuat topeng kepada murid SMPN 10 Surakarta dan pengunjung acara itu, Di sela-sela pembuatan topeng. Mr. Hideta Itazawa bersenda gurau dengan para siswa dan pengunjung, yang membuat pengunjung tidak bosan melihatya.

Mr. Hideta Itazawa memaparkan “Saya sangat tertarik dengan karya topeng Indonesia, saya pernah melihat pameran topeng Indonesia di Tokyo.” Jelasnya yang di terjemahkan oleh penerjemahnya.

Tujuan di adakan festival topeng ini adalah kepedulian akan kekayaan topeng di Indonesia yang sangat banyak dan beragam. Dan agar generasi muda bisa mengenal dan  memelihara kekayaan topeng di Indonesia.

# Rina & Nur

Comment

News Feed