by

SIPA (Solo International Performing Art) 2015 akan diselenggarakan di Benteng Vastenburg pada tanggal 10-12 September

AshquR9kgbS9jpPC36rveGkvpw4TcjQYqJ7a-VJ-K9NQ

 

Solo – SIPA (Solo International Performing Art) adalah sebuah pergelaran seni pertunjukan berskala internasional. Semangatnya tak sekedar memfungsikan seni pertunjukan untuk persoalan kesenian semata. Namun dari seni pertunjukan, baik itu dari wilayah tradisi ataupun dari wilayah modern, harus bisa menjadi sarana untuk memunculkan semangat kebersamaan.

Selasa (08/09/2015) bertempat di Hotel Aziza , SIPA mengadakan pers conference untuk pagelaran SIPA 2015 bertemakan “Live In The Contemporary World” yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 sampai 12 September mendatang di Benteng Vastenburg pukul 19.00 WIB.

Pers conference ini dihadiri oleh 3 narasumber yakni Ibu Irawati Kusumasasri selaku direktur SIPA, Ibu Eni Tyasni Susana selaku ketua Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Maskot SIPA 2015 Fajar Satriadi. Korea Selatan, Thailand, Singapura, Jerman dan Perancis akan bergabung dengan Indonesia untuk mengisi pagelaran SIPA 2015 yang merupakan pagelaran tahun ke-7.

Tujuan penyelenggaraan SIPA adalah sebagai ruang pertemuan beragam seni pertunjukan dari berbagai latar belakang budaya. Jika sudah tergelar, SIPA tak hanya berbicara tentang persoalan panggung pertunjukan di wilayah budaya. Akan tetapi pemberdayaannya akan menembus batas wilayah bahkan kebidang ekonomi dan sosial. Lalu akhirnya akan menjadi sarana untuk membumikan kota Solo dan Indonesia.

Dalam pagelaran SIPA tersebut akan menampilkan 7-8 pementasan dari berbagai daerah seperti Padang, Bengkulu, Pandeglang Banten, Bandung, Semarang, Solo dan Kudus. Dikoreografikan oleh Maskot SIPA 2015 bersama murid – muridnya. Akan dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Anies Baswedan dan kurang lebih 10.000 penonton. Untuk malam terakhir akan diadakan Korean Culture Night yang merupakan sebuah ajang untuk mempromosikan tempat pariwisata di negara masing – masing antara Indonesia dan Korea.

Harapan kedepannya semoga pagelaran SIPA ini dapat menjadi event yang dibanggakan oleh masyarakat kota Solo.

#Nur dan Yunita

Comment

News Feed