by

Cublak Cublak Suweng Sebuah Budaya Yang Tinggi Di Indonesia

ccs
Seiring dengan berjalan waktu anak anak suka bermain gadjet dari pada permainan tradisional. Salah satu permainan tradisional nya yang hampir punah adalah Cublak Cublak Suweng.
Setiap lirik dari cublak cublak suweng memiliki makna tersendiri.
Cublak cublak suweng memiliki arti tebak tempat menyimpan harta.
Suweng teng gelenter artinya hartanya tersebar dimana mana dalam permainan anak menyembunyikan krikil dari satu tangan ke tangan yang lain.
Mambu ketundung gudhel, mambu yg artinya tercium ketundung yang tertuju, gudhel yang artinya anak kerbau, anak kerbau identik dengan kebodohan karena masih anak anak yang belum matang dan belum tahu apa-apa. Sehingga mambu ketundung gudhel bisa di artikan tempat menyiman harta yang bisa tercium oleh orang bodoh.
Pak gempo lerak lerek pak gempo adalah sosok manusia yang sudah dewasa yang berusaha mencari suweng dalam permainan, pak gempo berposisi duduk yang harus menebak siapa yang menyimpan suweng atau batu krikil.
Sopo ngguyu ndelekake artinya siapa yang tertawa pasti menyembunyikan anak anak yang lain tidak telungkup pasti tertawa saat anak-anak yang telungkup berusaha menebak siapa yang menyimpan batu krikil nya.
Sir sir pong dele kopong artinya di dalam hati nurani yang kosong orang harus melepskan diri dari atribut kemelekatan pada harta duniawi, serta senantiasa memakai rasa dan mengasah tajam hati nuraninya.

Comment

News Feed