by

G. Tjiptaningrum, S.Pd (Kepala TK Indriyasana 3 Jebres, Surakarta) – Tanamkan Kepercayaan Masyarakat Melalui Cinta Kasih

G. Tjiptanig R, S

“Apapun yang telah didapatkan, selalu kita syukuri”. Begitu juga prinsip TK Indriyasana 3 Jebres, Surakarta. Meskipun jumlah murid yang diterima di TK Indriyasana 3 Jebres Surakarta pada tahun ini lebih sedikit dibanding dengan tahun yang lalu. Pada tahun ini siswa yang diterima hanya 40 anak dan tahun lalu sebanyak 53 anak. Menurunnya jumlah siswa disebabkan banyak bermunculan TK baru.
Demikian disampaikan Kepala TK Indriyasana 3 Jebres Surakarta, G. Tjiptaningrum, S.Pd saat dikonfirmasi Majalah DIDIK di ruang kerjanya belum lama ini terkait dengan perolehan siswa baru tahun ajaran 2014/2015. “Kita selalu bersyukur kita masih mendapatkan siswa dari lingkungan masyarakat sekitar. Ini kepercayaan yang menjadi amanah untuk kita lakukan pelayanan penuh kasih sayang kepada anak-anak kita,” ujarnya.
Disinggung mengenai kiat sekolah dalam memperoleh kepercayaan masyarakat, wanita ramah ini menjelaskan pembelajaran di sekolah mengajarkan dan mengembangkan budi pekerti dan cinta kasih kepada sesama tanpa melihat suku, ras, agama maupun golongan. “Setiap pagi anak-anak kita berikan sopan santun, budi pekerti, nilai-nilai moral agama sehingga mereka tidak hanya cerdas dalam berfikir tetapi budi pekerti yang baik yang ditanamkan dan ini menjadi pondasi awal perkembangan anak didik,” jelasnya.
Lebih lanjut, bu Ning begitu akrab disapa mencontohkan mendidik anak berbudi pekerti dan memiliki landasan cita kasih dan berbagi kasih yakni setiap diadakan makan bersama ada siswa yang tidak membawa makanan dari rumah, anak yang lain memberikan makanan kepada anak yang tidak membawa dan mengajarkan sebelum makan harus mencuci tangan, berdoa lalu makan.
“Kiat selanjutnya kita selalu berbaur dan besosialisasi dengan masyarakat. Jika di lingkungan ada kematian, hajatan kita selalu ikut. Dengan begitu masyarakat akan mengenal kita dari mulut ke mulut dan sekolah kita dipercaya masyarakat. Karena masyarakat merupakan peran utama di sekolah tanpa dukungan dan kepercayaan masyarakat kita tidak dapat berkembang dan maju,” pungkasnya. (Sofyan/r)

Comment

News Feed