by

Memperkenalkan kebudayaan solo

Surakarta- Kampung batik laweyan adalah kampung yang sangat dikenal dengan batiknya, Diberi nama Kampung Batik Laweyan karena terkait aktifitas yang dominan disuatu daerah itu sendiri, pada jaman dahulu sampai sekarang banyak yang berdagang dan memproduksi batik. Kampung ini sudah ada sejak tahun 1540-an. Lalu Pada tahun 2004 menyandang dengan nama Kampung Batik Laweyan yang berada di jalan Rajiman No.521, Laweyan, Surakarta, Jawa tengah.

Salah satu tempat produksi batik yang cukup terkenal di Laweyan adalah Mahkota Batik Laweyan yang berada di Sayangan Kulon No.9 Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah. Yang didirikan pada tahun 2005-2006, yang menjadi daya tarik tami lokal atau touris dari mancanegara, alasan memilih datang di mahkota batik laweyan karena suka dengan suasana rumah yang masih alami dan original. Bentuk rumahnya pun masih seperti dulu yang paling utama banyak tumbuh-tumbuhan membuat suasana menjadi sejuk, dan yang tidak kalah menariknya adalah produk-produk yang ada di mahkota batik laweyan ini pada khusunya dan kampung batik laweyan pada umumnya sangat berbeda dengan batik yang ada diluar sana.

Batik mahkota laweyan adalah rumah batik yang memiliki toko batik (Showroom), Ruang kesenian batik, tempat pembuatan produk batik, dan mempunyai galeri satu*nya di Indonesia yaitu batik bertulis ayat Al-Quran yang besarnya 3,5 meter.

“Dalam sebulan batik yang diproduksi hanya sedikit karena kita batik touris, menghasilkan sekitar 20-30 potong dalam sebulan.” Ujar Pak Eko, selaku Humas.

Harapan pak Eko “Semoga batik terus berkembang apalagi dikalangan anak muda, karena motif desain sudah banyak yang bereorentasi ke anak muda, jadi bagi kalian yang mencintai batik pakailah batik yang benar-benar batik bukan batik tiruan”

Comment

News Feed